MUTU
LULUSAN
1. Siswa menunjukkan
perilaku disiplin dalam berbagai situasi
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Tata tertib dan penegakannya yang
mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin) |
|
b. |
Buku piket yang berisi keterlambatan
siswa dan ketidakhadiran siswa di sekolah/madrasah |
|
c. |
Catatan guru/wali kelas dan tenaga
kependidikan yang memuat kedisiplinan waktu siswa |
|
d. |
Jurnal kelas yang mencantumkan data
ketidakhadiran siswa di kelas dan data mata pelajaran yang diikuti siswa |
2. Siswa menunjukkan
perilaku religius dengan pengamalannya dalam aktivitas di sekolah/madrasah
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Catatan guru yang mencakup partisipasi
siswa dan jenis kegiatan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianut
& Catatan guru tentang sikap toleran dan kerukunan hidup antarpemeluk
agama/kepercayaan |
|
b. |
Laporan kegiatan pembiasaan perilaku
religius siswa yang mencakup agenda/jadwal dan jenis kegiatan & Laporan
kegiatan peringatan hari besar keagamaan yang mencakup jenis kegiatan dan
partisipasi siswa |
3. Siswa menunjukkan
perilaku kerja keras, tangguh, dan bertanggung jawab dalam aktivitas di
sekolah/madrasah
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Portofolio tugas dalam pembelajaran yang
mencakup materi dan nilai yang diperoleh siswa |
|
b. |
Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra
kurikuler yang mencakup jenis kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi
kegiatan |
4. Siswa terbebas
dari perundungan (bully) di sekolah/madrasah
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Catatan guru/wali kelas yang mencakup
jenis perundungan yang terjadi, bentuk pembinaan yang diberikan, dan jenis
sanksi yang diberikan |
|
b. |
Laporan kegiatan pencegahan perundungan
yang mencakup agenda, panduan, dan partisipasi siswa |
|
c. |
Media afirmasi dalam bentuk
poster/banner/spanduk/leaflet |
5. Siswa menunjukkan
keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Portofolio/tugas yang mencakup tugas
melalui media daring, media luring, dan Nilai yang diperoleh siswa |
|
b. |
Laporan hasil karya dan prestasi terkait
keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan |
|
c. |
Laporan hasil karya dan prestasi terkait
keterampilan berkomunikasi yang efektif secara tertulis |
6. Siswa menunjukkan
keterampilan berkolaborasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Catatan penilaian sikap kolaborasi/kerja
sama |
Klik Disini |
b. |
Laporan kegiatan yang berisi partisipasi
kolaborasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler |
Klik Disini |
c. |
Laporan kegiatan yang berisi partisipasi
kolaborasi siswa dalam kegiatan OSIS |
Klik Disini |
d. |
Laporan kegiatan bersama di luar
sekolah/madrasah yang mencakup jumlah dan jenis kegiatan serta data
keterlibatan siswa |
Klik Disini |
7. Siswa menunjukkan
keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah sesuai karakteristik abad
ke-21
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Portofolio/tugas dalam proses
pembelajaran dan nilai yang diperoleh siswa |
Klik Disini |
b. |
Hasil karya dan prestasi siswa yang
menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara lisan
maupun tulisan |
Klik Disini |
8. Siswa menunjukkan
keterampilan kreativitas dan inovasi sesuai karakteristik keterampilan abad
ke-21
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Portofolio tugas pembelajaran yang
mencakup materi tentang pengembangan kreativitas dan inovasi, serta nilai
yang diperoleh siswa |
Klik Disini |
b. |
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait
keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data
partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan |
Klik Disini |
c. |
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait
keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data
partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan |
Klik Disini |
9. Siswa menunjukkan
kemampuan mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat
dan bakat
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Laporan daring/luring tentang
partisipasi siswa dalam kegiatan lomba yang terkait dengan pengembangan minat
dan bakat, serta tautan media sosial |
Klik Disini |
b. |
Laporan daring/luring tentang
prestasi/penghargaan dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat, serta
tautan media sosial |
Klik Disini |
10. Siswa menunjukkan
peningkatan prestasi belajar
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Data nilai ujian sekolah/madrasah dalam
3 (tiga) tahun terakhir |
Klik Disini |
b. |
Leger nilai kelas akhir dalam 3 (tiga)
tahun terakhir |
Klik Disini |
11. Pemangku
kepentingan (stakeholders) puas terhadap mutu lulusan sekolah/madrasah
No. |
Komponen |
Link |
a. |
Laporan hasil tracer study tentang
kepuasan pemangku kepentingan |
Klik Disini |
0 Comments